Sunday, May 30, 2021

Fungsi NZ - NZ Function Microsoft Access

Hallo teman teman... Apa kabar hari ini? semoga dalam keadaan sehat selalu. Amiin.

Di postingan kali ini saya akan secara singkat menjelaskan tentang fungsi NZ yang ada di Microsoft Access. Buat yang belum tau apa itu fungsi NZ dan bagaimana cara menerapkannya, simak terus postingan berikut ini sampai selesai yah..


Definisi fungsi NZ


Menurut situs support.microsot.com/id-id/office/fungsi-nz fungsi NZ adalah sebuah fungsi untuk mengembalikan nilai nol (string kosong " ") atau lain nilai yang ditentukan apabila varian adalah Null.

Atau Fungsi NZ juga bisa diartikan yaitu sebuah fungsi yang berguna untuk ekspresi yang mungkin menyertakan nilai Null. Untuk memaksa ekspresi mengevaluasi ke suatu nilai non-Null meski nilai itu mengandung nilai Null, gunakan fungsi Nz untuk mengembalikan strng yang panjangnya nol, atau nilai yang dikembalikan kustom.

Berdasarkan kesimpulan saya pribadi Fungsi NZ secara sederhana bisa didefinisikan yaitu sebuah fungsi yang digunakan untuk memberikan nilai pada sebuah kolom tertentu yang awalnya tidak punya nilai menjadi punya nilai (Nilai bisa berupa angka atau huruf)

Rumus Fungsi NZ / Syntax NZ function


Rumus fungsi NZ adalah sebagai berikut:

NZ([Variant];ValueifNull)


Dimana Variant adalah Variabel tipe data varian / Nama kolom yang didalamnya terdapat data dengan kondisi null,

Dan Value if Null adalah nilai (bisa berupa angka atau huruf) yang akan kita berikan untuk merubah kondisi null di dalam tabel varian.


Contoh Penerapan Fungsi NZ



Dari tabel diats kita diminta  untuk membuat queri dan menjumblahkan Nilai UTS dan Nilai UAS menjadi Nilai Total.

Dari perintah tersebut maka, jika dibuat dalam bentuk query maka hasilnya akan menjadi seperti gambar dibawah ini:


Dari gambar tersebut diatas kita sama sama bisa lihat bahwa Apuy dan Memet nilai totalnya engga muncul.. hal ini disebabkan karena nilai UTS Apuy Blank dan Nilai UAS Memet juga engga ada nilainya alias blank atau dalam Bahasa program nya disebut Null. sehingga tidak bisa dijumlahkan.
Naah untuk mengatasi permasalahan seperti ini salah satu solusinya adalah dengan menggunakan Fungsi NZ… Dengan fungsi NZ ini, kita bisa merubah kondisi null dengan nilai berapapun yang kita mau…
Dan untuk menyelesaikan contoh kasus diatas cara menuliskan fungsi NZ adalah sebagai berikut Nilai Total: Nz([Nilai UTS];0)+Nz([Nilai UAS];0) dan hasilnya bisa kita lihat pada gambar dibawah ini

Dari gambar diatas kita bisa lihat bahwa Nilai Total Apuy dan Memet sudah Muncul, itu artinya fungsi NZ dalam contoh ini berhasil menyelesaikan permasalahan kasus diatas.

Seperti itulah Fungsi NZ dan contoh penerapan rumus fungsi NZ di Microsoft Access, semoga bisa dimengerti dan semoga bermanfaat. Terimakasih

author_image

Semua materi yang saya tulis di sini bukan bermaksud untuk menggurui tetapi saya hanya ingin berbagi secuil kemampuan dan pengalaman pribadi.
Semoga bermanfaat buat saya dan sobat

This Is The Newest Post
Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon