Monday, February 12, 2018

Contoh surat perpanjangan KYG

Setelah dipostingan sebelumnya saya sudah memberikan contoh surat permohonan kredit yasa griya (KYG) BTN yang biasa digunakan untuk memperoleh modal tambahan dari Bank untuk membiayai pembangunan perumahan, maka dalam postingan kali ini saya akan berbagi contoh surat perpanjangan kredit yasa griya (KYG).

Kredit yasa griya atau disingkat KYG pada umumnya memiliki jangka waktu 24 (dua puluh empat) bulan atau 2 (dua) tahun lamanya dan ketika masa kredit akan mendekati jatuh tempo biasanya Bank pemberi kredit akan memberitahu dengan cara memberikan surat pemberitahuan jatuh tempo kredit kepada penerima fasilitas kredit lengkap dengan salinan rekening koran yang menunjukan saldo kredit beberapa bulan sebelum masa kredit habis.

contoh surat

Sebagai penerima Kredit Bank tentu saja memiliki kewajiban untuk mengembalikan kredit tersebut tepat waktu sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, namun terkadang rencana pembangunan dan penjualan rumah yang sudah ditetapkan tidak sesuai dengan target dan mengingat serta mempertimbangkan berbagai hal lain, penerima kredit dapat memperpanjang jangka waktu kredit dengan cara mengajukan surat perpanjangan kredit disertai lampiran sebagai berikut:

  1. Surat permohonan perpanjangan jangka waktu kredit
  2. Copy identitas diri pengurus (KTP/Pasport)
  3. Ijin ijin usaha yang masih berlaku
  4. Laporan keuangan terbaru
  5. Laporan perkembangan fisik proyek perumahan dan daftar calon konsumen
  6. Laporan penjualan
  7. Menyediakan dana pada rekening giro atau tabungan yang ada di Bank pemberi kredit sebesar 0,5% dari sisa kredit

surat dan dokumen diserahkan kepada bank pemberi kredit tersebut dan berikut ini adalah contoh surat perpanjangan Kredit yasa griya (KYG):
LOGO DAN KOP SURAT PERUSAHAAN KAMU
Nomor      : Nomor/Surat/Perusahan/Kamu/2018
Lampiran  : 1 berkas

Kepada Yth.
Kepala Bank Pemberi Kredit
Cabang kota kamu
di
Kota kamu


Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama                                : PT. Kamu
No. Rekening Kredit           : 123456789
Alamat Kantor                   : Alamat Kantormu

Sehubungan dengan akan jatuh temponya fasilitas KYG-PRK an. PT. KAMU, dengan ini kami mengajukan permohonan perpanjangan jangka waktu kredit tersebut.

Demikian permohonan ini kami sampaikan, semoga kerjasama ini memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak. Atas perhatian dan kebijaksanaannya kami ucapkan terima kasih.


Hormat Kami

Ir. PIMPINANMU
DIREKTUR

Jika Bank menyetujui permohonan perpanjangan kredit maka selanjutnya bank akan mengeluarkan surat persetujuan jangka waktu kredit dan mengeluarkan surat adendum atas perjanjian kredit, hal yang perlu dilakukan oleh penerima kredit adalah:
  1. Membayar biaya provisi sebesar 1% (satu persen) dari outstanding kredit
  2. Menandatangani surat Adendum Perjanjian Kredit
itulah sekilas tentang Contoh Surat Perpanjangan Kredit yang bisa saya bagikan dalam postingan kali ini, semoga ada manfaatnya.

author_image

Semua materi yang saya tulis di sini bukan bermaksud untuk menggurui tetapi saya hanya ingin berbagi secuil kemampuan dan pengalaman pribadi.
Semoga bermanfaat buat saya dan sobat

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon