Saturday, August 4, 2018

Membuat Tabel Database Keuangan Microsoft Access

Membuat Tabel Database Keuangan di Microsoft Access - Maksud membuat tabel database kuangan disini adalah tabel database yang digunakan untuk menampung seluruh transaksi keuangan, dalam hal ini berkaitan dengan aplikasi akuntansi atau aplikasi keuangan sederhana yang penulis buat dengan menggunakan microsoft access. Tutorial lengkap cara membuat aplikasi akuntansi sederhana menggungkan  microsoft access bisa agan pelajari melalui video tutorial dibagian bawah postingan ini.

tabel database keuangan

Setiap aplikasi yang dibangun menggunakan Microsoft Access pada umumnya memiliki beberapa tabel sebagai dasar pembuatan aplikasinya, teremasuk aplikasi akuntansi yang saya buat, Aplikasi tersebut dibangun dengan tiga buah tabel dimana tabel tabel tersebut saling berhubungan dan memiliki fungsi masing masing. Tabel tersebut adalah:

1. Tabel Kode Akun
Tabel ini berfungsi sebagai tabel induk atau tabel rujukan dia tidak menyimpan data transaksi atau data keuangan dia hanya berisi nomor akun dan nama akun untuk mengatur lalu lintas transaksi yang terjadi. Setiap transaksi yang terjadi akan dikelompokkan berdasarkan nomor akun yang terdapat dalam tabel ini.

Design Tabel Kode Akun

Design Tabel Kode Akun

Kode dan Nama Akun
No Akun Nama Akun
1-111 Kas
1-112 Piutang
1-113 Perlengkapan
1-211 Kendaraan
1-212 Akum. Peny. Kendaraan
1-311 Sewa Dibayar Dimuka
2-111 Hutang Usaha
2-211 Hutang Gaji
3-111 Modal
3-112 Prive
4-111 Pendapatan
5-111 Beban Gaji
5-112 Beban OPS Lain Lain
5-113 Beban Sewa
5-112 Beban Penyusutan Kendaraan
ILR Ikhtisar Laba Rugi

2. Tabel Keterangan Transaksi
Tabel keterangan transaksi adalah tabel yang menjelaskan tentang suatu transaksi seperti tanggal terjadinya transaksi, digunakan untuk keperluan apa transaksinya dan kepada siapa transaksi itu dilakukan. Tabel keterangan transaksi terdapat nomor transaksi yang diinput berdasarkan nomor kwitansi dan nomor transaksi ini fungsinya untuk mempermudah mencari bukti fisik pada saat dibutuhkan.

Disain Tabel Keterangan Transaksi

Design Tabel Keterangan Transaksi

3. Tabel Transaksi Keuangan
Tabel ini terhubung dengan tabel kode akun melalui nomor akun dan terhubung dengan tabel keterangan transaksi nomor transaksi, berfungsi untuk menampung database keuangan dan memisahkan transaksi antara debet dan kredit.

Desain tabel transaksi keuangan

Itulah ke 3 buah tabel yang saya gunakan untuk membuat palikasi akuntansi keuangan sederhana dengan menggunakan microsoft access. silahkan pelajari tentang cara membuat jurnal umum sampai dengan membuat neraca lajur melalui video di bawah ini...

author_image

Semua materi yang saya tulis di sini bukan bermaksud untuk menggurui tetapi saya hanya ingin berbagi secuil kemampuan dan pengalaman pribadi.
Semoga bermanfaat buat saya dan sobat

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon