Wednesday, November 7, 2018

cara membuat query menggunakan Query Design View

Microsoft Access menyediakan fasilitas untuk memudahkan kita dalam membuat sebuah query. Cara atau metode yang dimaksud adalah membuat query menggunakan query design view.

Cara membuat query menggunakan query design view memang cara paling mudah, tetapi ada kelemahannya, yaitu: tidak semua query bisa diselesaikan dengan menggunakan query design view. Jika kita hanya bisa membuat query menggunakan query design view biasanya kita akan merasa kesulitan jika permasalahannya sudah kompleks.

Sebetulnya cara ini memang kurang baik jika tujuan kamu ingin mempelajari lebih dalam tentang query. Disarankan untuk belajar SQL atau query dengan cara menuliskan sintak SQL secara langsung dalam windows query.

Tetapi, bagi para pemula seperti saya, yang memang ingin mempelajari dan mengetahui cara membuat query sederhana maka cara membuat query menggunakan query design view adalah alternatif lain untuk membantu memudahkan membuat sebuah query didalam microsoft access.

query design
Berikut akan dijelaskan bagaimana cara membuat query dengan menggunakan query design view. Saya akan menerangkan dengan menggunakan contoh soal dan pembahasannya supaya lebih mudah dipahami.

Contoh Soal:
Saya mempunyai sebuah tabel database anggota OSIS (Database OSIS), terdiri dari NO, NIS (Nomor Induk Siswa), Nama Siswa, Kelas, dan Alamat.
No NIS Nama Siswa Kelas Alamat
1 123321 Asep Saepudin XA Jl. Merpati
2 123231 Bambang XB Jl. Mawar
3 123123 Agus Sudaman XIB Jl. Merpati
4 132321 Indiah Lestari XIIF Jl. Perkutut
5 223321 Abdul Latief XC Jl. Melati
6 323321 Maria XIIA Jl. Kaki
7 122321 Farhan XIC Jl. Jalan
8 123323 Lucy Dewi XA Jl. Kaki
9 123325 Didi Chuby XID Jl. Merpati
10 123324 Ahmad Najmy XIC Jl. Mawar
Dari tabel database anggota OSIS diatas, Tampilkan nama siswa yang beralamat di Jl. Kaki. Dengan ketentuan kolom yangditampilkan adalah No, Nama Siswa, dan Alamat.

Jawab:
  • Pergi tab Create lalu pilih query design
  • Pilih tabel database OSIS didalam kotak dialog 'show table'
  • Masukkan field: No, Nama Siswa, dan Alamat yang terdapat dalam tabel database OSIS ke area query dibawahnya dengan cara klik 2x pada masing masing field
  • query design view
    • Untuk menampilkan siswa yang beralamat di Jl. Kaki saja, maka harus dituilskan sebuah rumus pada kolom (field) Alamat dan baris 'criteria'. Rumusnya adalah: =Jl. Kaki
    • Kemudian Klik Run (!) untuk melihat hasilnya. Jika prosesnya benar maka tampilannya akan menjadi seperti gambar dibawah ini:


    Langkah selanjutnya simpan query tersebut dengan nama sesuai keinginan masing masing. Jadi.. seperti itulah cara membuat query menggunakan Query Design, sangat mudah dan sederhana. Semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa.

    author_image

    Semua materi yang saya tulis di sini bukan bermaksud untuk menggurui tetapi saya hanya ingin berbagi secuil kemampuan dan pengalaman pribadi.
    Semoga bermanfaat buat saya dan sobat

    Show comments
    Hide comments


    EmoticonEmoticon