Tuesday, March 7, 2017

MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN DENGAN MICROSOFT ACCESS #3-15

membuat relasi

Tahap selanjutnya untuk membuat Laporan Keuangan dengan menggunakan Microsoft Access yaitu membuat relasi antar tabel dalam hal ini kita akan menghubungkan 4 buah tabel yang sudah kita buat pada posting sebelumnya. bagi anda yang kebetulan baru menemukan halaman ini sebaiknya anda melihat posting sebelumnya dimana saya sudah menjelaskan tabel apa saja dan bagaimana cara membuat tabel tabel yang diperlukan untuk menyusun atau membuat laporan keuangan dengan menggunakan Microsoft Access.

PENGERTIAN RELASI
Yang dimaksud Relasi atau Relationship dalam Microsoft Access adalah hubungan antara 2 buah tabel atau lebih yang saling berkaitan satu sama lain. dalam MS Access dikenal 3 buah relasi yaitu:
  1. Enforce Referential Integrity adalah memaksakan adanya suatu keterkaitan antara 2 tabel 
  2. Cascade Update Related Fields adalah apabila kita melakukan perubahan field atau kolom pada sebuah tabel, maka field atau kolom pada tabel yang terelasi akan ikut berubah 
  3. Cascade Delete Related Records adalah apabila melakukan penghapusan data pada sebuah tabel, maka data pada tabel yang terelasi akan ikut terhapus juga.
Itulah sekilas tentang penjelasan relasi yang terdapat di Microsoft Access


MEMBUAT RELASI ANTAR TABEL
Setelah mengetahui pengertian relasi secara singkat marilah sekarang kita praktekan cara membuat relasi yang diperlukan untuk membuat Laporan Keuangan dengan menggunakan Microsoft Acces ini. Perhatikan langkah-langkah berikut ini:
  • Buka atau pilih Tab menu "Database Tool" lalu klik relationship 
  • Setelah itu akan terbuka layar relationship dimana kita bisa melihat disitu sudah ada 3 tabel yang sudah memiliki garis relasi akibat pembuatan lookup wizard pada tahap membuat tabel Transaksi Keuangan, klik kanan di layar relationhip lalu pilih show table, maka akan terbuka kotak dialog show table 
  • Pilihlah tabel yang belum terlihat di layar Relationship yaitu tabel Deskripsi Transaksi 
  • Sesuaikan tampilan masing masing table,
  • Membuat relasi Tabel Transaksi Keuangan” dengan table “Deskripsi Transaksi”
Klik “No TRX” pada table “Deskripsi Transaksi” lalu seret mause (Drag) dan arahkan ke “No TRX” yang ada di Tabel “Transaksi Keuangan” lalu akan muncul kotak dialog “Edit Relationship” 
Ceklist semua kotak ceklist seperti yang tampak pada gambar dibawah lalu klik create dan hasilnya akan tampak seperti pada gambar dibawah ini:
  • Membuat relasi table “Transaksi Keuangan”, "Index" dan "Account Number" 
Ketiga tabel (Tabel Transaksi Keuangan, Index dann Account Number) pada dasarnya sudah terbentuk relasi pada saat kita membuat Lookup Wizard, kita hanya tinggal meng-edit nya saja yaitu dengan cara Klik 2x pada garis relasi masing masing table lalu muncul kotak dialog Edit Relationship dan ceklis semua.

Sampai tahap ini kita sudah selsai membuat table dan membuat relasi lalu kita akan menuju ke tahap selanjutnya. terimakasih sudah membaca dan ikuti posting selanjutnya.

Update:
Untuk mempermudah ada dalam memahami materi di atas berikut ini saya sertakan video tutorialnya

author_image

Semua materi yang saya tulis di sini bukan bermaksud untuk menggurui tetapi saya hanya ingin berbagi secuil kemampuan dan pengalaman pribadi.
Semoga bermanfaat buat saya dan sobat

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon