Thursday, March 1, 2018

Tipe - Tipe Data di Microsoft Access

Untuk membangun sebuah database di Microsoft Access langkah pertama pastinya adalah membuat tabel dan pada saat membuat tabel, memilih tipe data untuk setiap field atau kolom data adalah sebuah keharusan, kita harus memilih type data yang sesuai agar mempermudah dalam pengolahan data nantinya.

Akan tetapi kita tidak akan tau type data yang sesuai apabila tidak mengerti fungsi dari masing masing type data tersebut. Oleh karena itu dalam postingan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang kegunaan dari masing masing type data di Microsoft Access berdasarkan pengetahuan saya sendiri, dan apabila ada kekeliruan atau ada penjelasan kurang pas silahkan koreksi saya melalui kolom komentar dibawah.
tipe-tipe data microsoft access

TYPE TYPE DATA DI MICROSOFT ACCESS

Auto Number
Nilai atau angka yang terisi secara otomatis. Jika memilih long integer pada bagian file size maka microsoft access akan membuat nomor secara berurut dalam setiap record, tetapi jika memilih Replication ID maka microsoft access akan membuat sebuah nomor unik secara otomatis dalam setiap record

Text / Short Text
Di Microsoft Access versi 2013 sampai 2016 namanya short text tetapi di microsoft access 2010 kebawah namanya text. Type data ini digunakan untuk data alfanumerik (huruf, angka, simbol) panjang karakter maksimal 255 atau kita bisa membatasi banyaknya karakter yang ingin ditampilkan dengan cara mengatur file size dibagian bawah. type data ini paling banyak digunakan dalam pembuatan database.

Long Text / Memo
Di Microsoft Access versi 2013 sampai 2016 namanya Long Text tetapi di Microsoft Access 2010 kebawah namanya Memo. kegunaan type data ini sama seperti short text hanya saja kapasitasnya lebih besar, type data long text ini bisa menampung kalimat dan paragraf maksimal 64.000 karakter.

Number
Digunakan untuk menyimpan type data angka atau Numeric, pada bagian file size kita bisa memilih salah satu type angka yang akan kita gunakan.

Date/Time
digunakan untuk menyimpan data berupa tanggal, bulan, tahun. kita bisa memilih format waktu dibagian bawahnya

Currency
Digunakan untuk menyimpan data keuangan atau nilai nominal

Ole Object
Digunakan untuk memasukkan data berupa gambar atau foto

Hyperlink
Untuk membuat sebuah link yang dapat memanggil suatu situs atau file atau dokumen kemudian menampilkannya.

Attachment
Digunakan untuk melampirkan suatu file berupa gambar, dokumen, musik mp3, atau video

Calculated
Untuk menampilkan data hasil perhitungan antara beberapa field, ketika memilih data type calculated maka akan Secara otomatis terbuka expression builder disitu kita bisa menuliskan sebuah rumus penjumlahan.

Lookup Wizard
untuk membuat sebuah drop box yang menampilkan data disuatu field dan tabel yang berbeda dan bisa juga membuat data pilihan sendiri.

Itulah sekilas tentang tipe - tipe data di Microsoft Access, semoga bisa menambah wawasan tetang microsoft access.

author_image

Semua materi yang saya tulis di sini bukan bermaksud untuk menggurui tetapi saya hanya ingin berbagi secuil kemampuan dan pengalaman pribadi.
Semoga bermanfaat buat saya dan sobat

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon