Monday, February 26, 2018

Menentukan Data Menggunakan Kriteria HAVING

Postingan kali ini saya akan coba membahas tentang bagaimana caranya menentukan kriteria data dalam sebuah query microsoft access. Menentukan kriteria data adalah langkah untuk menyaring data (filtering database) sehingga data ditampilkan sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Kriteria data dibagi kedalam dua katagori yaitu:
  1. Kriteria Having
  2. Kriteria Where
Kriteria Data Having
Kriteria Having adalah dimana kita menyeleksi suatu data menggunakan kata Having dibarengi dengan fungsi Agregate / Aggregate function : min, max, avg, sum dan count. Sintak SQL nya sebagai berikut:
SELECT    Nama_Tabel.Nama_Field. . . , Nama_Tabel.Nama_Field, Aggregate_Function
FROM      Nana_Tabel
GROUP BY  Nama_Tabel.Nama_Field
HAVING    Criteria_Aggregate_Function
Agar lebih memahami kriteria having, berikut ini saya praktekan dalam sebuah contoh kasus. Misalnya Saya mempunyai sebuah tabel database, terdiri dari kolom KD_jabatan, golongan dan Gapok dan saya memberi nama tabel ini dengan nama Tabel Gaji Pokok, tabel jelasnya bisa dilihat dibawah ini:
contoh kriteria having
Kemudian permasalahannya adalah kita dituntut untuk menampilkan gaji pokok setiap golongan dengan kriteria golongan yang ditampilkan adalah golongan yang mempunyai maksimum gaji pokok lebih besar (>) dari Rp. 5.000.000,- kolom atau field yang ditampilkan adalah field Golongan dan field Maksimum_gaji_Pokok.

Untuk menyelesaikan permasalahan diatas, buatlah dahulu sebuah query dan ketik sintak SQL sebagai berikut:
SELECT   Gaji_Pokok.Golongan, Max(Gaji_Pokok.GPO) AS Maksimum_Gaji_Pokok
FROM     Gaji_Pokok
GROUP BY Gaji_Pokok.Golongan
HAVING   (((Max(Gaji_Pokok.GPO))>5000000));
Setelah itu klik RUN untuk melihat hasilnya, jika penulisan sintak kamu betul maka dia akan menampilkan data query sesuai dengan perintah sintak yang kamu ketik, seperti gambar dibawah ini:
hasil kiteria having

jika dalam penulisannya ada salah maka dia tidak akan mau menampilkan data, kamu harus memperbaiki penulisan sintaknya. Tetapi jika kamu tidak mau ribet dengan penulisan sintak ada cara lain yang lebih mudah tanpa menulis sintak SQL. Perhatikan gambar dibawah ini
kriteria data having tanpa SQL
Buat query hingga posisinya terlihat seperti gambar diatas

  1. Klik Totals maka akan muncul baris totals seperti terlihat digambar no 2
  2. Field Golongan pilih Group By dan Maksimum_Gaji_Pokok isi dengan fungsi agregat Max
  3. Ketik > 5000000 di baris kriteria
Dengan cara sperti itu hasilnya akan sama saja seperti kita menulis sintak SQL.
Contoh diatas untuk menampilkan data maksimum gaji pokok tiap golongan, lalu bagaimana jika soalnya diminta menampilkan data minimum atau menampilkan rata-rata atau diminta untuk menampilkan fungsi agregat lainnya?

Untuk contoh kasus diatas jika yang diminta adalah menampilkan data minimum, maka kita tinggal mengganti saja fungsi agregatnya menjadi Min atau menjadi Avg jika yang diminta adalah rata-rata atau Sum dan sebagainya, sesuaikan dengan kebutuhan.

author_image

Semua materi yang saya tulis di sini bukan bermaksud untuk menggurui tetapi saya hanya ingin berbagi secuil kemampuan dan pengalaman pribadi.
Semoga bermanfaat buat saya dan sobat

Show comments
Hide comments

2 comments

bagaimana cara membuat pembukuan keuangan dengan ilustrasi sbb :

Debet Kredit Saldo
Rp.500 - Rp. 500
Rp.500 - Rp.1.000
- Rp.250 Rp.750

kurang lebih seperti itu pencatatan keuangan, yang itinya filed Saldo selalu berubah sesuai pencatatan pada Debet dan Kredit

Terima Kasih

Maaf ya komennya baru saya baca.. karena kalo komen di blog ini ga ada notifnya ke saya..Saya juga sudah lama ingin seperti itu.. tapi sayang di MS Access saya belum menemukan cara seperti itu atau memang mungkin ga bisa ya.. kita sama sama tau lah ya bahwa MS access itu beda dengan Excel, ada yang bisa dilakukan di excel tapi tidak bisa dilakukan di ms access begitu juga sebaliknya.. Tetapi untuk masalah seperti diatas saya mengakalinya dengan membuat form khusus untuk menampilkan informasi saldo.


EmoticonEmoticon