Thursday, September 14, 2017

Membuat Pembukuan Kas Dengan MS Access Bagian 3/4 Query dan Report


Laporan Pembukuan Kas
Laporan Pembukuan

Masih dalam tahap proses membuat Pembukuan Kas Dengan Microsoft Access.. di posting bagian ke-3 ini saya akan membahas cara membuat query dan report. setelah di posting sebelumnya sudah dibahas tentang membuat tabel dan membuat form input transaksi single entry dan juga kita sudah membuatkan contoh-contoh transaksi kas yang kemudian di inputkan kedalam form tersebut maka selanjutnya adalah membuat query yang akan di tampilkan dalam sebuah report atau laporan pembukuannya.. 

MEMBUAT LAPORAN TRANSAKSI KAS

Laporan Transaksi Kas adalah laporan yang menampilkan seluruh transaksi kas yang sudah di input ke dalam form input transaksi sehingga dapat memberikan informasi mengenai mengenai transaksi yang terjadi selama periode pembukuan. 

Untuk membuat laporan transaksi kas pertama kita harus membuat query transaksi kas nya terlebih dahulu. cara untuk membuat laporan transaksi kas adalah sebagai berikut:
  1. Pergi ke tab create lalu pilih Query Design
  2. Setelah muncul kotak dialog Show table lalu masukkan semua tabel yang ada dengan cara klik 2x atau klik tabelnya dan klik add
  3. Setalah tabelnya masuk semua lalu klik Close untuk menutup kotak dialog Show Table
  4. Kemudian pilih field yang ada pada tabel yang sudah kita masukkan tadi. field dan table yang dipilih adalah: Field ID dari tabel Transaksi, Field Transaksi dari tabel Transaksi, Field Tanggal dari tabel Keterangan Transaksi, Field Keterangan Transaksi dari tabel keterangan transaksi, Field Debet dari tabel Keterangan Transaksi dan Field Kredit dari tabel Keterangan Transaksi
  5. Lalu simpan dengan nama Query1
  6. klik !/run untuk melihat hasilnya
  7. Tutup
Setelah kamu mengikuti langkah untuk membuat query1 dari langkah 1 sampai langkah 7 berarti kamu sudah selsai membuat query untuk transaksi kas dan selanjutnya adalah menampilkan transaksi kas tersebut dalam sebuah report.

Cara untuk membuat Report atau Laporan Transaksi kas adalah sebagai berikut:
  1. Klik 1x query1
  2. Pergi ke tab create lalu klik report
  3. dan laporannya sudah otomatis muncul akan tetapi masih harus dirapihkan
  4. silahkan rapihkan dengan cara membuat header dan sebagainya sesuai dengan selera anda masing masing.

MEMBUAT LAPORAN PEMBUKUAN KAS

Laopran Pembukuan Kas adalah ringkasan atau rekapitulasi kas yang terjadi selama periode pembukuan dan fungsinya yaitu untuk memberikan informasi mengenai penerimaan kas dan pengeluaran kas pada suatu periode pembukuan dan di Laporan Akhir ini kita juta bisa melihat dari mana kas di dapatkan atau diterima dan dikeluarkan untuk keperluan apa saja.

Untuk membuat Laporan Pembukuan kas tersebut caranya berbeda dengan laporan transaksi kas di atas. untuk membuat Laporan Pembukuan Kas ini saya akan mengkombinasikan atau meng interasikan antara query, form dan report. dengan cara meng integrasikan query, form dan report ini kita bisa menampilkan laporan pembukuan berdasarkan tanggal, bulan dan tahun pembukuan dan untuk lebih jelasnya lagi tentang cara membuat Laporan Pembukuan Kas dengan cara mengkombinasikan Query, Form dan Report silahkan simak video di bawah ini:

author_image

Semua materi yang saya tulis di sini bukan bermaksud untuk menggurui tetapi saya hanya ingin berbagi secuil kemampuan dan pengalaman pribadi.
Semoga bermanfaat buat saya dan sobat

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon