Wednesday, September 13, 2017

Membuat Pembukuan Kas Dengan MS Access Bagian 2/4 Form input Transaksi Single Entry

MEMBUAT FORM INPUT TRANSAKSI SINGLE ENTRY


Form input transaksi single entry
Form input transaksi pembukuan single entry

Masih dalam pembahasan cara membuat pembukuan kas sederhana dengan menggunakan Microsoft access dan saya akan melanjutkan materi dari posting bagian pertama.. di posting bagian ke-2 ini saya akan menjelaskan cara membuat form input transaksi single entry dan kemudian akan membuat contoh contoh transaksi kas untuk kemudian di masukkan ke dalam form input transaksi ini.

Seperti namanya, form input ini digunakan untuk memasukkan transaksi kas yang terjadi selama kegiatan usaha dan jika nanti aplikasinya sudah jadi si pembuku hanya akan bekerja melalui form input ini, karena disinilah transaksi kas akan di input dan dikelompokkan berdasarkan kode akunnya masing masing dan laporan kas atau laporan pembukuan per periodenya akan terbentuk secara otomatis.
Form input transaksi ini dibentuk dari 2 buah tabel yaitu tabel transaksi dan tabel keterangan transaksi (ke dua tabel tersebut sudah saya buat di posting bagian pertama)
Cara membuat form input transaksi ini sangat mudah sekali anda klik 1x tabel keterangan transaksi lalu  pergi ke tab create lalu klik form dan form input transaksi sudah terbentuk dengan tampilan yang masih tidak tertata selanjutnya tinggal atur atur saja form nya hingga rapih, tidak dirapihkan pun tidak masalah.
lalu setelah itu buatlah 2 buah tombol perintah yaitu tombol perintah "simpan transaksi" dan tombol perintah "tutup form" untuk memudahkan kita pada saat menginput transaksi untuk membuat ke-2 buah form tersebut caranya:

Tombol Perintah Simpan

  1. Pastikan form nya dalam mode design view
  2. Pilih button lalu klik dan letakkan di bagian bawah detail form lalu akan muncul Command Button Wizard
  3. Pada Categories pilih Report Operation lalu pada Action pilih Save Record lalu klik next
  4. Command Button berikutnya "Do you want text or picture on the button?" Pilih Text  dan isikan dengan nama Simpan Transaksi lalu klik Finish
  5. Pada bagian property sheet pilih tab Event pilih "On Click" dan klik titk tiga (...) yang ada disebelahkanannya maka akan muncul macro builder
  6. tambahkan GoToRecord dengan cara klik drop box yang tersedia lalu pilih GoToRecord kemudian pada bagian record pilih next dan biarkan yang lain kosong
  7. save
Tombol Perintah Close Form

  1. Pastikan form nya dalam mode design view
  2. Pilih button lalu klik dan letakkan di bagian bawah detail form lalu akan muncul Command Button Wizard
  3. Pada Categories pilih Form Operation lalu pada Action pilih Close Form lalu klik Finish
setelah ke-2 buah tombol perintah tersebut dibuat berikutnya anda tinggal merapihkan saja tombol perintah tersebut sesuai dengan selera anda. setelah formnya sudah cukup rapih maka langkah berikutnya adalah membuat contoh-contoh transaksi lalu kemudian masukkan contoh transaksi ke dalam form input..
untuk lebih jelas mengenai materi bagian ke2 ini (Membuat Form Input Transaksi Single Entry) dibawah ini saya sertakan video tutorial agar anda lebih mudah untuk memahaminya. jangan lupa untuk like, share dan subscribe di channel youtube saya TOTAL ACCESS.

author_image

Semua materi yang saya tulis di sini bukan bermaksud untuk menggurui tetapi saya hanya ingin berbagi secuil kemampuan dan pengalaman pribadi.
Semoga bermanfaat buat saya dan sobat

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon